Awas Iguana, Piala Dunia di Brasil

piala dunia

Otoritas Brasil menyatakan, penonton Piala Dunia yang mencari suvenir dari tuan rumah ajang itu harus tahu bahwa membeli burung beo, iguana, dan satwa liar lain dari Brasil adalah perbuatan ilegal. Pedoman soal lingkungan hidup bagi para wisatawan pun dirilis pada Rabu (28/5/2014).

Monyet, burung, ular, kupu-kupu, laba-laba, dan kalajengking adalah deretan hewan lain yang masuk daftar larangan pembelian, yang disusun para pejabat di Negara Bagian Rio Grande do Norte, di kawasan timur laut Brasil. Salah satu kota di negara bagian ini, Natal, menjadi salah satu tuan rumah pertandingan Piala Dunia 2014.

“Piala Dunia akan menarik ribuan wisatawan, baik Brasil maupun asing, ke Rio Grande do Norte,” kata Airton De Grande, juru bicara cabang Insitut Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Brasil (Sbobet), Rabu. “Untuk menghindari insiden memalukan apalagi hukuman pidana, kami telah menyiapkan 10 aturan yang harus diikuti oleh setiap orang.”

Daftar tersebut menunjukkan peringatan bagi para wisatawan untuk tak membeli perhiasan ataupun kerajinan yang mengandung unsur hewan liar, termasuk bulu, gigi, kulit, dan sayap kupu-kupu. Membeli satwa liar di Brasil, hidup maupun mati, tekan De Grande, akan mendapat hukuman denda 5.000 real (setara 2.300 dollar AS atau sekitar Rp 27 juta).

Dalam daftar ini disertakan pula saran bagi para wisatawan untuk tak berpotret bersama orang-orang yang membawa foto binatang, yang binatangnya bahkan sudah terlihat jinak. “Kegiatan itu juga ilegal, dan menyakiti hewan,” kata De Grande. Dia pun memperingatkan bahwa berburu binatang ataupun memakan binatang buruan juga masuk kategori perbuatan ilegal.

Daftar tersebut juga mencakup saran bagi para wisatawan untuk menumpang dune-buggy, kendaraan wisata yang bisa melaju di atas pasir, dengan pemandu berlisensi, untuk menjelajahi pantai indah di kawasan tersebut. Tujuannya demi menghindari kendaraan tersebut melindas sarang kura-kura ataupun burung. Di dalam Daftar yang sama itu juga terdapat peringatan bagi para penyelam untuk tak mengambil terumbu karang.

Sebagai penutup panduan wisata alam ini, terdapat saran bagi para wisatawan yang benar-benar jatuh cinta dengan pemandangan timur laut Brasil untuk berkonsultasi dengan otoritas lingkungan hidup setempat sebelum memutuskan membeli rumah ataupun tanah di kawasan itu.

Sekitar 600.000 wisatawan asing dan 3,1 juta wisatawan domestik diharapkan memenuhi 12 kota yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Natal akan menjadi tuan rumah empat pertandingan, di antaranya menampilkan tim dari Amerika Serikat, Jepang, dan Meksiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>